About

Program Pendidikan

Pondok Pesantren Modern Al-Hasyimiyah mempunyai pendidikan formal yaitu Kulliyatul Muallimin wal Muallimat Al-Islamiyah (KMI) atau persemaian guru-guru, dimana para siswa mulai kelas 3 KMI sudah dibekali ilmu pendidikan dan pengajaran agar suatu saat nanti mereka bisa mengamalkan ilmunya yang tidak terbatas hanya mentransfer ilmu pengetahuan saja akan tetapi lebih dititik beratkan pada pendidikan mental dan akhlak.

1.       Program Kelas Biasa

Program ini diperuntukkan bagi lulusan SD atau MI dengan masa belajar selama 6 tahun, yaitu dimulai dari kelas 1 KMI sampai dengan kelas 6 KMI. Di KMI Pondok Pesantren Modern Al-Hasyimiyah kelas 1 KMI s.d kelas 3 KMI adalah tingkatan Madrasah Tsanawiyah sedangkan kelas 4 KMI s.d kelas 6 KMI adalah tingkatan Madrasah Aliyah.

2.       Program Kelas Intensif

Program ini diperuntukkan bagi lulusan SMP atau MTS yang masuk ke KMI dengan masa belajar 4 tahun. Untuk satu tahun pertama para siswa diwajibkan mengikuti program penyetaraan materi pesantren khususnya untuk persiapan komunikasi dalam belajar dengan menggunakan bahasa arab dan inggris. Kemudian 3 tahun berikutnya para siswa sudah terdaftar sebagai siswa Madrasah Aliyah sebagaimana di program kelas biasa.

PENJELASAN SINGKAT TIAP KELAS

1.       Kelas I KMI adalah dasar segala-galanya

Meskipun barusan kelas I, dapat menghayati hidup teratur, berdisiplin, mengetahui pelajaran dasar, agama, bahasa arab, bahasa inggris dan pengetahuan umum.

2.       Kelas II KMI adalah Perluasan segala-galanya

Apabila sudah mengikuti pelajaran kelas II, akan lebih luas memahami pengetahuan dasar dan sudah mulai bisa bercakap-cakap dengan bahasa resmi dan membaca kitab.

3.       Kelas III KMI adalah peningkatan

Dapat diibaratkan sebagai bangunan yang sudah selesai pondasinya, sehingga dapat didirikan tiang-tiang, dinding, dll

4.       Kelas IV KMI adalah babak baru

Kelas ini adalah permulaan segala cabang ilmu yang akan menjadi bekal ulama atau pemimpim. Kelas IV dianggap sudah mulai memasuki kedewasaan. Pada tingkat ini mulai diberikan pengetahuan yang lebih meningkat dan luas sebagai dasar-dasar ilmu baru yang dapat dilanjutkan nanti sampai ke perguruan tinggi.

5.       Kelas V KMI adalah Perluasan kelas IV

Mulai ditingkatkan segala-galanya, ilmu dan mentalnya. Jiwa dan pribadinya mulai diarahkan dan terarah, diantaranya latihan menjadi pemimpin, menjadi pengurus organisasi, dll.

6.       Kelas VI KMI adalah menyelesaikan, melengkapi dan meningkatkan

Kelas VI ini mendekati terminal, maka harus ingat selalu, jangan sampai suul khotimah. Meskipun pandai tetapi kalau tidak berakhlak baik, maka ilmunya akan sia-sia. Lebih baik tidak terlalu pandai tapi bermental baik dan husnul khotimah.

ARAH DAN TUJUAN PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN MODERN AL-HASYIMIYAH

1.       Pendidikan Kemasyarakatan

Pesantren adalah mujtamaun shagiir (miniatur masyarakat). Maka berbagai macam gambaran kehidupan yang akan dihadapi santri di masyarakat nanti sudah dikenalkan sejak dini. Santri tidak sekedar diberi ilmu pengetahuan saja akan tetapi santri diberikan sarana untuk menerapkannya dengan bimbingan dan pengawasan para dewan guru. Seperti dalam bidang organisasi. Di Pondok Pesantren Modern Al-Hasyimiyah terdapat 2 oragnisasi santri; Organisasi Pelajar Pondok Pesantren Modern dan Organisasi Gerakan Pramuka. Kedua organisasi ini ditangani semuanya oleh para santri yang bertujuan untuk menumbuh kembangkan sikap berdisiplin, memiliki rasa tanggung jawab dan jalinan ukhuwah. ? siap memimpin dan siap dipimpin?

2.       Pendidikan Kesederhanaan

Sederhana bukan berarti miskin dan tidak mendidik menjadi miskin dan bakhil. Pendidikan ini maksudnya melatih santri agar tidak hidup berlebihan atau melampaui batas dan agar santri memiliki semangat juang tinggi, mau berbagi, sabar dan tabah ketika mereka menjalani kehidupan yang sebenarnya di masyarakat nanti.

3.       Tidak Berpartai

Pondok Pesantren Modern Al-Hasyimiyah adalah lembaga murni, tidak berpartai ataupun mengikuti organisasi kemasyarakatan. Sehingga santri yang orang tuanya berlatar belakang partai atau organisasi kemasyarakatan apapun bisa masuk ke Pondok Pesantren Modern Al-Hasyimiyah dan dapat menuntut ilmu didalamnya.

4.       Thalabul ilmi lillah

Pondok Pesantren Modern Al-Hasyimiyah mengarahkan santrinya agar sabar dalam mencari ilmu dan mencintainya, karena mencari ilmu, mencintainya dan mengamalkannya adalah sarana untuk beribadah kepada Allah dan bukan untuk tujuan yang lain. ?Jangan niatkan ilmumu untuk harta, jabatan dan  popularitas, tapi niatkan semua itu untuk ibadah. (KH. HASYIMI. M. SIRAJ)