About

Pengawasan KBM


Untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran, diperlukan pengawasan yang serius agar sesuai dengan yang diharapkan  dari pendidikan. Kegiatan yang dilakukan oleh KMI Pondok Pesantren Modern Al-Hasyimiyah sebagai upaya meningkatkan kualitas siswa dan guru antara lain:

 MASUK KELAS TEPAT WAKTU (tabkir)

Sebuah upaya yang dilakukan oleh staff KMI dengan bantuan bagian pengajaran OPPM dengan cara mengontrol asrama agar segera berangkat ke kelas.

 PEMERIKSAAN PERSIAPAN MENGAJAR (taftisyul idad)

Persiapan mengajar guru (idad) yang tertulis dalam buku khusus atau RPP harus diperiksa dan ditandatangani oleh guru senior yang bertujuan untuk menghindari kesalahan dalam mengajar. I?dad adalah sebuah kewajiban yang harus dipenuhi oleh setiap guru agar terarah dalam mengajar dan tercapainya tujuan khusus dari tiap-tiap materi.

 MENGONTROL KELAS DAN ASRAMA (taftisyul fushul wal manatiq)

Kegiatan ini dimaksud untuk mengantisipasi terjadinya kelas kosong, keterlambatan siswa dalam belajar dan keterlambatan guru dalam mengajar. KMI menugaskan petugas piket keliling untuk mengontrol kelas dan juga asrama yang bertujuan untuk menghindari hal-hal negatif yang mungkin terjadi.

 BELAJAR MALAM TERBIMBING (attaallum almuwajjah)

Semua siswa wajib mengulangi pelajarannya setiap malam yang telah disampaikan guru di kelas dengan dibimbing wali kelas. Kegiatan ini sangat dikhususkan untuk santri baru sedangkan santri lama pelaksanaannya diserahkan kepada wali kelas atau diawasi oleh dewan guru yang keliling untuk mengontrol belajar mereka.

 EVALUASI MENGAJAR (naqdu tadris)

Khusus untuk pelajaran mahad, Pondok Pesantren Modern Al-Hasyimiyah memiliki metode tersendiri dalam metodologi pengajaran bahasa Arab dan dirasah Islamiyah. Sedangkan untuk materi umum metode pengajarannya disesuaikan dengan perkembangan kurikulum saat ini. Untuk mengevaluasi mengajar guru KMI mengadakan naqdu tadris yang biasa dilakukan setiap minggu, bahkan bisa langsung ketika guru saat mengajar.