About

Kurikulum Pesantren

Pondok Pesantren Modern Al-Hasyimiyah menyelenggarakan kurikulum perpaduan antara kurikulum KMI Gontor dan kurikulum Kementerian Agama yang terbagi atas intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler.

KEGIATAN INTRAKURIKULER

Kegiatan ini merupakan proses kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh pesantren sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Kegiatan ini berguna untuk mencapai tujuan dari setiap mata pelajaran. Muatan kurikulum Pondok Pesantren Modern Al-Hasyimiyah meliputi sejumlah pelajaran yang dikolaborasikan antara mata pelajaran KMI Gontor dan Kementerian Agama dengan masa belajar 6 tahun (kelas reguler) untuk lulusan Sekolah Dasar atau  yang sederajat dan dengan masa 4 tahun (kelas intensif) untuk lulusan Sekolah Menengah Pertama atau yang sederajat. Fungsi tambahan satu tahun untuk kelas intensif agar siswa dapat mempersiapkan diri dalam menerima pelajaran di kelas-kelas setelahnya terutama untuk pelajaran pesantren, karena untuk komunikasi di kelas, semua guru harus menggunakan bahasa resmi khususnya pelajaran pesantren yang berbahasa arab dan inggris.

Dalam hal ini Pondok Pesantren Modern Al-Hasyimiyah selalu mengikuti perkembangan kurikulum nasional yang saat ini populer dengan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) berkarakter.

 KEGIATAN KOKURIKULER

Kegiatan ini merupakan kegiatan tambahan yang wajib diikuti oleh seluruh siswa walaupun tidak harus dilakukan didalam kelas. Kegiatan tersebut adalah:

Hafalan Juz amma dengan batasan-batasan tertentu tiap-tiap kelas. Sedangkan khusus untuk kelas 6 KMI juz 30 dengan tambahan surat yasin, as-shaf, al-jumah dan al-munafiqun sebagai salah satu persyaratan kelulusan.

Disiplin dalam berkomunikasi dengan menggunakan 2 bahasa; bahasa arab dan bahasa inggris.

Bimbingan nisaiyah untuk putri.

Tadribul Khithabah dengan 3 bahasa; bahasa arab, bahasa inggris dan bahasa indonesia.

Diskusi untuk kelas 5 KMI.

Disiplin hidup sehari-hari.

Pendidikan kepemimpinan melalui organisasi pelajar pondok pesantren modern (OPPM) dan organisasi pramuka dengan sistem terpisah antara putra dan putri.

Bimbingan baca al-Quran.

 KEGIATAN EKSTRAKURIKULER

Kegiatan ini merupakan kegiatan positif diluar mata pelajaran yang bertujuan untuk pengembangan santri sesuai dengan kebutuhan, potensi, minat dan bakat mereka melalui kegiatan tertentu. Para santri bebas memilih dengan tidak mengesampingkan tujuan utamanya yaitu belajar. Berikut ini adalah beberapa kegiatan ekstrakurikuler Pondok Pesantren Modern Al-Hasyimiyah:

Pengembangan olahraga; basket, sepak bola, tenis meja, volley, bulu tangkis, senam.

Pengembangan seni kaligrafi, lukis, letter.

Pengembangan seni musik; band, marching band, marawis, nasyid, qasidah.

Pengembangan seni baca al-Qur?an (jamiyyatul Qurra).

Pengembangan IT melalui kursus komputer.