About

PENATARAN GURU BARU KMI PPM AL-HASYIMIYAH

Guru adalah sebagai teladan, maka guru harus berusaha baik dan benar. Ia adalah object bagi siswa. Apa yang dilihat dan didengar oleh siswa terhadap guru akan menjadi persoalan khusus apabila guru tidak meneladankan kebaikan.

Menjadi guru di KMI Pondok Pesantren Modern Al-Hasyimiyah tidak hanya sebagai pengajar saja, akan tetapi juga sebagai pendidik. Harus mau diajar lagi, dikoreksi dan diingatkan. Ia adalah sebagai teladan bagi siswa dalam panca dewasa; dewasa dalam berpikir, emosi, kehendak, berbicara dan berbuat.

Dijelaskan pula dalam penataran tersebut bagaimana membuat idad mengajar (pesiapan mengajar), bagaimana berpenampilan, berpakaian, dan bagaimana etika ketika mengajar.

Guru KMI Pondok Pesantren Modern Al-Hasyimiyah mempunyai misi; selalu menanamkan akidah, ruh Islam dalam jiwa siswa dan selalu menanamkan kesemangatan dalam belajar.

Guru baru KMI Pondok Pesantren Modern Al-Hasyimiyah tahun ini berjumlah 10 orang. 8 orang dari Alumni Pondok Pesantren Modern Al-Hasyimiyah dan 2 orang dari Alumni Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo.

Seperti halnya Pondok Modern Gontor, karena Pondok Pesantren Modern Al-Hasyimiyah berusaha mengacu terhadap sistemnya, maka diadakannya Penataran Guru Baru. Kegiatan ini diadakan selama 3 hari dari tanggal 21 s.d 23 Juli 2018 dengan materi Profesi Guru, Pedoman Guru KMI dan belajar menjadi Pendidik.

Penataran Guru baru ini juga dihadiri oleh seluruh personalia KMI.