About

Fathul Kutub at-Turats Kelas 5 KMI

Diantara Tujuan institusional KMI Pondok Pesantren Modern Al-Hasyimiyah adalah selain yang dari pada yang membentuk manusia bertaqwa kepada Allah, juga menjunjung tinggi dan mengenalkan ajaran agama Islam khususnya kepada para santri yang akhirnya mereka mempunyai pengetahuan yang luas tidak fanatik terhadap satu madzhab dan ikhlas berhidmat kepada masyarakat.

Untuk menuju tercapainya pembentukan santri yang mempunyai pengetahuan luas, perlu diadakan suatu kegiatan yang khusus seperti fathul kutub turats untuk meningkatkan wawasan keilmuan dalam dirasah islamiyah.

Program Fathul Kutub Turats merupakan salah satu usaha untuk menjadikan dan membiasakan para santri kelas 5 untuk memaksimalkan kemampuan berbahasa Arab mereka dalam mengkaji kitab-kitab turats, membaca, memahami, menelaah dan menyelesaikan berbagai macam permasalahan seputar keagamaan dan mampu menyimpulkan pendapat-pendapat para ulama. Dengan demikian, memelihara dan menjaga tradisi keilmuan keislaman di lingkungan pondok Pesantren Al-Hasyimiyah harus terus berjalan dan harus berkembang. Sebagaimana tertuang dalam sebuah kaidah yang berbunyi : al-Muhafadhotu alal qadimisshalih wal akhdzu bil Jadiidil ashlah (Menjaga tradisi keilmuan lama yang baik dan mengambil atau menyesuaikan dengan tradisi keilmuan baru yang lebih baik).

 Diantara tujuan fathul kutub adalah:

1.      Meningkatkan wawasan keilmuan.

2.      Meningkatkan kualitas bahasa Arab.

3.      Melatih diri menjawab masalah-masalah yang ada di masyarakat seputar masalah keagamaan dengan menggunakan kitab-kitab turats sebagai referensi.

4.      Mengenal dan mengapresiasi khazanah keilmuan islam melalui kitab-kitab karya ulama Islam terdahulu.

5.      Mengenal ulama-ulama islam terdahulu beserta karya-karyanya.

Pada Hari Sabtu, 19 Maret 2016 program fathul kutub turats ini di buka oleh Direktur KMI Al-Hasyimiyah. Sedangkan pelaksanaannya dimulai tanggal 22 s.d 24 Maret 2016, diikuti seluruh santri dan santriyah kelas 5 KMI.